Kamis, 21 Juni 2012

TUGAS MINGGU ke 9 ( SOFTSKILL )

TUGAS MINGGU ke 9 ( SOFTSKILL )

KELOMPOK 1: 1ka25
KETUA : - Izzudin abdul hasib ,npm: 13111770
ANGGOTA : - Andri angotinus ,nmp 17111933
- Muhammad Adi firmansyah ,npm 14111736
- Agung permana , npm 10111343
- Richard robinson , npm 16111112
- M. Rafly al farizi , npm 19111553
- Padillah akbar , npm 15111483
- Andika burnama , npm 17111933



A.pengertian pandangan hidup dan ideologi
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup bersifat kodrati. Pandangan hidup artinya pendapat pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup dasarnya mempunyai unsure – unsure yaitu cita – cita, kebajikan, usaha, keyakinan / kepercayaan.
Dengan demikian pandangan hidup bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses yang panjang. Sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataanya. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari:


1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2. Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
3. Pnadangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.


Ideology adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup kalau mengikuti apa yang tertuang dalam kamus besar bahasa Indonesia. Ideology adalah tidak sama dengan aqidah. Ideology adalah hasil pemikiran manusia yang dituangkan dalam bentuk konsep bersistem yang menjadi dasar atau asas teori yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup manusia. Sedangkan aqidah adalah bukan lahir dari pemikiran manusia, melainkan lahir karena Islam yang diturunkan oleh Allah SWT. Hak ideology ada 2, yaitu:


1. Ideology Hukum
Rincian dari keseluruhan orang dan masyarakat yang dapat memberikan dasar atau legitimasi bagi keberadaan lembaga – lembaga yang akan datang. System hokum
atau bagian dari dari system hokum.


2. Ideology Politik
Himpunan nilai – nilai ide, norma – norma, kepercayaan dan keyakinan, yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang atas dasar dan probelema politik yang dihadapinya dan yang menetukan tingkah laku politiknya.


B.cita-cita
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup bersifat kodrati. Pandangan hidup artinya pendapat pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup dasarnya mempunyai unsure – unsure yaitu cita – cita, kebajikan, usaha, keyakinan / kepercayaan.
Dengan demikian pandangan hidup bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses yang panjang. Sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataanya. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari:


1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.


2. Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.


3. Pnadangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.


C. kebajikan
1. Barangsiapa melapangkan kesusahan utk seorang mukmin di dunia maka Allah akan melapangkan baginya kesusahan dari kesusahan-kesusahan pada hari kiamat dan barangsiapa memudahkan kesukaran seseorang maka Allah akan memudahkan baginya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yg menutupi aib seorang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah selalu menolong hamba yg suka menolong kawannya. Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu maka Allah akan mempermudah baginya jalan ke surga. Suatu kaum yg berkumpul dalam sebuah rumah dari rumah-rumah Allah bertilawat Al Qur’an dan mempelajarinya bersama maka Allah akan menurunkan ketentraman dan menaungi mereka dgn rahmat. Para malaikat mengitari mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan para malaikat yg ada di sisiNya. Barangsiapa lambat dgn amalan-amalannya maka tidak dapat dipercepat dgn mengandalkan keturunannya.
2. Jangan meremehkan sedikitpun tentang makruf meskipun hanya menjumpai kawan dengan berwajah ceria .
3. Barangsiapa dibukakan baginya pintu kebaikan hendaklah memanfaatkan kesempatan itu sebab dia tidak mengetahui kapan pintu itu akan ditutup baginya.
4. Kebaikan itu banyak tetapi pengamalnya sedikit. {HR.


Abu Hanifah}
5. Bagi Allah ada hamba-hambaNya yg dikhususkan melayani kebutuhan-kebutuhan orang banyak. Mereka berlindung kepadanya utk memenuhi kebutuhan mereka.


Orang-orang itulah yg aman dari azab Allah.
6. Orang yg memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yg melakukannya. {HR.


Bukhari}.
7. Barangsiapa memperoleh suatu yg makruf maka hendaklah menyebutnya krn berarti dia mensyukurinya dan kalau merahasiakannya dia mengkufuri ni’mat itu.
8. Barangsiapa menerima suatu kebajikan lalu berkata kepada pemberinya ucapan Jazakallahu khairon maka sesungguhnya dia sudah berlebih-lebihan dalam berterima kasih.
9. Orang yg paling berat disiksa pada hari kiamat ialah orang yg dipandang ada kebaikannya padahal sebenarnya tidak ada kebaikannya sama sekali. {HR.
Ad-Dailami}
10. Barangsiapa ada kelebihan tempat dalam kendaraan hendaklah diberikan kepada orang yg tidak punya kendaraan dan barangsiapa punya kelebihan bekal maka hendaklah diberikannya kepada orang yg tidak punya bekal.
11. Janganlah kamu menjadi orang yg ikut-ikutan dgn mengatakan Kalau orang lain berbuat kebaikan kami pun akan berbuat baik dan kalau mereka berbuat zalim kami pun akan berbuat zalim . Tetapi teguhkanlah dirimu dgn berprinsip Kalau orang lain berbuat kebaikan kami berbuat kebaikan pula dan kalau orang lain berbuat kejahatan kami tidak akan melakukannya.


D. perjuangan
Sudah jelas, bahwa Definisi Perjuangan bukanlah bertanya tetapi berbuat. Namun ada hal yang salah di sini tentang PDP sejak Kongres Nasional ke-2 Papua itu. Dalam struktur itu tidak ada yang disebut Mediator tetapi Willy Mandowen misalnya telah ambil peran penting sehingga macam-macam timbul antara lain Dewan Adat Papua yang sesungguhnya adalah salah di antara pilar-pilar Papua yang membentuk PDP sesuai hasil kesepakatan MUBES. Atau tarulah istilah Sekretaris Jenderal (Sekjen), maka tentu saja ada sekretaris-sekretaris bidang, fraksi, atau urusan sehingga membentuk sebuah Sekretariat PDP yang di atasnya ada Sekjen. Ini malah tidak tetapi ada lagi Wakil Sekjen. Ini memang kabur, namun di pihak lain kalau dibilang organisasi atau badan memang jalan sesuai kepentingan "datang soal datang akal" betul-betul konsep peramu, sangat-sangat non-akademis tetapi itulah yang terjadi. Dengan Konsep Pemerintahan Transisi Papua yang gagal disuarakan Bapa Pemimpin Theys Eluay karena faktor x, sebagai yang berkepentingan kita tidak berhenti di sana, meskipun ada OTSUS sebagai gantinya. Nuansa tentang Kongres Nasional ke-3 Papua akan sangat lebih bermanfaat dan lesser budged bila dibanding Dialog, Referandum dan semacamnya. Pihak-pihak berkepentingan dengan Pemerintah secara langsung pasti tahu ini. Mengumpulkan 5000 jiwa orang Papua seturut sistem Panel lalu PDP membentuk anggota Kongres akan lebih hemat dan bermanfaat selain membawa nama besar bagi Pemerintah Indonesia dari pada membiayai sebuah Dialog atau Referandum yang ujung-ujungnya toh sama "Orang Papua tetap menghendaki Kedaulatannnya" Sementara ini Pemerintah menghadapi perekonomian yang terancam globalisasi. Pasti ada orang bijak dekat Presiden SBY yang berpikir ke arah itu. Kalau Konsensus Nasional Papua sebagaimana pada email terdahulu yang mendapat pertanyaan itu dari Presden SBY sebagaimana surat tertanggal 1 Desember 2010 (Jakarta Sunday Post, 7 Februari 210), jawabnya adalah: Kita Sudah Mengerti Orang Papua Mau Apa! Mau dialog, mau Referandum apapun, ya, tetap seperti itu. Maka patut ada jalan yang lebih pendek dan lebih murah serta membawa nama baik dan bermanfaat bagi kedua bela pihak. Ok, kita cukupkan bicara yang ini karena sudah menjadi bidang kerja/operasional.


E. kepercayaan
Kepercayaan dalam bahasa inggrisnya dinamakan "trust or believe" ini merupakan suatu bentuk nyata dalam kehidupan dimana menjadi berharga dari intan berlian sekalipun. Agama pun mengajarkan pentingnya kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa atau Allah SWT. Ini esensi penting dalam beragama karena tanpa ini maka keimanan seseorang diragukan. Orang yang tidak mempercayai Tuhan adalah atheis.


G. langkah-langkah berpandangan hidup baik
pandangan hidup seseorang itu mempengaruhi pola pikir, pola tingkah laku, prinsip hidup, keyakinan, tujuan hidup, dll. intinya, pandangan hidup itu membentuk seseorang luar dalam.
Pandangan Hidup merupakan suatu dasar atau landasan untuk membimbing kehidupan jasmani dan rohani. Pandangan hidup ini sangat bermanfaat bagi kehidupan individu, masyarakat, atau negara. Semua perbuatan, tingkah laku dan aturan serta undang-undang harus merupakan pancaran dari pandangan hidup yang telah dirumuskan.
Pandangan hidup tidak sama dengan cita-cita. Sekalipun demikian, pandangan hiup erat sekali kaitannya dengan cita-cita. Pandangan hidup merupakan bagian dari hidup manusia yang dapat mencerminkan cita-cita atau aspirasi seseorang dan sekelompok orang atau masyarakat.
Pandangan hidup diklasifikasikan berdasarkan asalnya yang terdiri dari 3 macam:
1. Pandangan hidup yang berasal dari agama,yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2. Pandangan hidup yang berupa Ideologi,yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
3. Pandangan hidup hasil renungan,yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.
Pandangan hidup mempunyai 4 unsur-unsur,yaitu:
1. Cita-cita apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan.
2. Kebajikan segala hal yang baik yang membuat manusia makmur,bahagia,damai dan tentram.
3. Usaha atau perjuangan adalah kerja yang dilandasi keyakinan.
4. Keyakinan atau kepercayaan,merupakan hal terpenting dalam hidup manusia.
Manusia memiliki kebutuhan jasmani, diperoleh dengan mencukupi kebutuhan hidup yang bersifat kebendaan, sedangkan kebutuhan rohaninya dicukupi dengan hal-hal yang sifatnya rohani, khususnya keagamaan. Ada yang dalam pandangan hidupnya hanya ingin memuaskan kehidupan duniawi sehingga ia memuaskan diri pada semua kenikmatan jasmaninya. Ada pula yang pandangan hidupnya justru sebaliknya. Agama Islam mengajarkan manusia tidak hanya mengejar kebutuhan yang bersifat duniawi saja, tetapi juga bersifat ukhrowi. Semakin tinggi kesadaran kehidupan beragama semakin yakinlah mereka bahwa semua manusia akhirnya akan mati. Dunia yang serba gemerlap akan ditinggalkan dan akan hidup di dalam akhirat yang abadi.
Bagi orang atheis dengan pandangan matrealistis, mereka tidak percaya akan adanya Tuhan. Mati bagi mereka bukan karena rohnya kembali kepada Tuhan, tetapi karena jantungnya berhentu berdenyut. Sebaliknya, bagi yang percaya pada Tuhan, meyakini bahwa seseorang yang meniggal akan kembali kepada asalnya, yaitu Tuhan. Dengan pengetahuan dan pengertian agama tentang kehidupan abadi setelah orang meninggal, manusia menjalankan ibadahnya. Ia menjalnakan perintah Tuhan melalui agama, dan menjauhi larangan-Nya. Manusia menjalankan hal itu karena sadar sebagai makhluk kecil yang tidak akan berdaya terhadap kekuasaan Tuhan. Kehidupan dunia yang sifatnya sementara dikalahkan demi kehidupan abadi di akhirat karena tahu bagaiman beratnya siksaan di neraka dan bagimana bahagianya di surga. Kebaikan di surga yang abadi inilah yang merupakan harapan terakhir manusia.
Langkah-Langkah Berpandangan Hidup Yang Baik
Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik,yaitu:
1. Mengenal,merupakan suatu kodrat bagi manusia dan tahap pertama dari setiap individu.
2. Mengerti,mengerti disini dimaksudkan pada mengerti tentang pandangan hidup.
3. Menghayati,menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam pandangan hidup yaitu dengan memperluas dan memperdalam pengetahuan mengenai pandangan hidup.
4. Meyakini,merupakan suatu hal yang cenderung memperoleh suatu kepastian sehingga dapat mencapai tujuan hidupnya.
5. Mengabdi,merupakan suatu hal yang terpenting dalam menghayati dan sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya sendiri lebih dari orang lain.
6. Mengamankan,merupakan langkah terberat dan benar-benar membutuhkan iman yang teguh dan kebenaran dalam menanggulangi segala demi tegaknya pandangan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar